Benarkah ini tanda akan melahirkan

USG Fetomaternal
Pentingnya Usg Fetomaternal
January 17, 2019
kamar-suite-sita-puri-bunda
Suite Sita
February 11, 2019
tanda-akan-melahirkan

tanda-akan-melahirkan

tanda-akan-melahirkan
tanda-akan-melahirkan

Kehamilan pertama pasti diliputi serangkaian tanda tanya dan kecemasan.  Wajar saja, ini pengalaman perdana. Seperti apa tanda akan melahirkan sudah dekat? Tubuh ibu hamil memberi respon alami sebagai tanda-tanda bahwa waktu persalinan sebentar lagi.


Berikut tanda tanda akan melahirkan yang patut bunda ketahui :

Merasakan Kontraksi Palsu

Kontraksi palsu, sering disebut Braxton Hicks adalah terjadinya pengencangan perut yang datang dan pergi. Kontraksi palsu biasanya tak sekuat kontraksi asli saat akan melahirkan. Kontraksi jenis ini akan terasa di daerah perut atau panggul. Kontraksi asli biasanya terasa di bagian bawah punggung, lalu berpindah ke bagian depan perut. Kontraksi palsu akan dirasakan sebagai tanda awal sebelum merasakan kontraksi sungguhan sebagai tanda-tanda bunda akan melahirkan.

Air Ketuban Pecah

Sebagian besar ibu hamil akan merasakan kontraksi dahulu sebelum air ketuban pecah. Akan tetapi ada juga tanda akan melahirkan di awali dengan pecah ketuban. Apabila ini terjadi segera lakukan persalinan.

Sulit Untuk tidur

Salah satu yang bisa menjadi tanda-tanda akan melahirkan adalah sulit tidur malam yang diikuti perasaan gelisah. Untuk ibu hamil usahakan agar bisa tidur atau beristirahat di siang hari, karena nantinya anda akan memerlukan tenaga dan stamina fit pada saat persalinan berlangsung.

Meningkatnya frekuensi buang air kecil

Beberapa saat atau jam sebelum persalinan, posisi bayi akan turun ke arah rongga panggul bunda. Pada kondisi ini akan membuat rahim menekan kandung kemih, sehingga menyebabkan frekuensi buang air kecil meningkat dibanding sebelumnya.

Keluar lendir kental bercampur darah dari vagina

Pada masa kehamilan, bagian serviks Ibu ditutupi oleh lendir yang kental. Tetapi saat menjelang persalinan, serviks ibu hamil membesar sehingga memberikan jalur bagi lendir tersebut keluar melalui vagina. Warna lendir bisa bening, merah muda, atau sedikit berdarah. Tetapi tidak selalu lendir yang keluar menjadi tanda-tanda akan melahirkan.

Perubahan pada serviks

Perubahan pada serviks terjadi ketika jaringan pada serviks melunak dan menjadi elastis. Untuk Ibu hamil yang sudah pernah melahirkan, serviksnya dapat lebih mudah terbuka sekitar satu atau dua sentimeter sebelum dimulai persalinan.

Untuk mengetahui perkembangan janin bunda, sebaiknya tetap melakukan konsultasi ke Dokter Spesialis Kandungan untuk memasitkan proses kelahiran nantinya.










X