Tidak Ada yang Sulit dalam Perawatan Tali Pusat

Risiko yang Bunda Hadapi Jika Kelebihan Berat Badan saat Hamil
August 10, 2017
Relaktasi, Cara Menyusui Kembali Setelah Sempat Berhenti
August 10, 2017

Tali pusat yang tersisa pada perut bayi biasanya akan terlepas pada 1-2 minggu setelah hari kelahiran. Selama masih menempel, tali pusat harus tetap dalam keadaan bersih untuk menghindari infeksi. Perawatan yang benar dapat menjadikan tali pusat lebih cepat terlepas dan cepat sembuh.

Begitu bayi terlahir, biasanya tali pusat berwarna putih mengilap dan tampak sedikit lembab. Setelah tali pusat sembuh, warnanya pun berbeda-beda antara satu bayi dengan bayi lainnya. Ada yang berwarna abu-abu, cokelat, atau hitam. Bunda tidak perlu khawatir karena variasi warna ini dianggap normal sepanjang tali pusat dan kulit di sekitarnya bersih dan kering.

Cara Merawat Tali Pusat

Perawatan tali pusat tidak bisa dilakukan sesederhana yang dikira. Ada cara-cara tertentu agar anggota tubuh yang satu ini tidak menimbulkan masalah bagi bayi. Inilah beberapa cara merawat tali pusat yang dapat bunda lakukan.

Menjaga tetap kering

Jangan sampai tali pusat menjadi lembab. Jaga agar bagian depan popok tidak menutup tali pusat. Perhatikan pula bahan pakaian bayi. Gunakan yang lembut dan pilih jenis bahan yang dapat menyerap keringat sehingga menciptakan sirkulasi udara dengan baik.

Menjaga kebersihan

Tali pusat dapat lebih cepat sembuh jika dibiarkan saja tanpa membasuhnya dengan alkohol. Bunda dapat cukup membersihkannya dengan air, terutama jika tali pusat kotor. Jangan lupa, akhiri dengan mengeringkannya dengan kain lembut atau dengan cara mengipasinya dengan secarik kertas.

Biarkan tali pusat terlepas secara alami

Membiarkan tali pusat terlepas dengan sendirinya adalah salah satu cara perawatan tali pusat yang benar. Hindari memaksa melepas atau menarik tali pusat, sebagaimana pun gemasnya Bunda.

Perlu diperhatikan bahwa selama tali pusat masih menempel, mandikan bayi dengan cara membasuh badannya menggunakan spons. Hindari merendam bayi di dalam bak. Setelah tali pusat sudah terlepas, barulah bunda dapat memandikan bayi dengan merendamnya di bak mandi.

Tanda-Tanda Tali Pusat Mengalami Infeksi

Sebenarnya sangat jarang terjadinya kondisi infeksi pada tali pusat. Meski begitu, sebagai langkah untuk mengantisipasi, hendaknya bunda mengetahui tanda-tandanya, yaitu:

  • Terasa sakit, bayi bunda menangis jika tali pusat atau kulit di sekitarnya tersentuh. Perhatikan jika Kulit pada pangkal tali pusat berwarna kemerahan.
  • Tali pusat berwarna kekuningan atau berbau tidak sedap.
  • Tali pusat membengkak.
  • Tali pusat mengalami perdarahan. Jika perdarahannya banyak, segera periksakan kepada

Perawatan tali pusat tidak terlalu sulit. Hanya saja, Bunda diminta untuk bersabar dalam menantikan tali pusat terlepas dengan sendirinya. Jangan pernah memaksa melepasnya meskipun sudah tampak sembuh. Yang terpenting adalah merawatnya tiap saat sehingga proses terlepas dan sembuhnya tali pusat dapat menjadi lebih cepat.

Facebook Comments