Tips Atasi Perut Gatal Saat Hamil

Ini Fakta Apakah Minum Es saat Hamil Memang Berbahaya
August 10, 2017
Tanda-tanda Kamu Menjalani Kehamilan yang Mungkin Membahayakan
August 10, 2017

Rasa gatal saat hamil disebabkan karena meningkatnya hormon dan kimiawi lain dalam tubuh. Untuk bagian perut, rasa gatal bisa semakin terasa setelah memasuki masa akhir kehamilan, karena kulit perut yang semakin meregang.

Perut gatal saat hamil yang dirasakan, kemungkinan juga diikuti dengan gatal dan kemerahan di sekitar telapak tangan dan kaki. Jangan khawatir, umumnya rasa gatal ini akan segera menghilang segera setelah melahirkan.

Untuk meringankan keluhan perut gatal saat hamil yang mengganggu, berikut cara-cara yang dapat dilakukan:

  • Gunakan pakaian yang longgar. Pakaian yang pas di kulit lebih berisiko menggesek kulit, sehingga menyebabkan iritasi. Jika perlu, pilih bahan pakaian dari bahan alami seperti katun yang nyaman. Hindari bahan pakaian sintetis. Selain itu, ibu hamil juga disarankan menghindari bahan wol atau denim yang tebal, karena bahan ini juga dapat memicu rasa gatal.
  • Saat perut ibu hamil semakin besar, tak jarang yang kemudian memilih pakaian dalam atau jenis celana yang menutupi perut. Namun, untuk yang mengalami perut gatal saat hamil dianjurkan memilih yang berada di bawah perut untuk menghindari iritasi, serta terlalu banyak gesekan.
  • Pakai sabun yang ringan dan tanpa pengharum untuk menghindari iritasi. Pastikan membilas dengan bersih, menggunakan handuk dengan halus setelah mandi. Ibu hamil juga harus memerhatikan penggunaan parfum yang berbau tajam, karena umumnya lebih berisiko mengiritasi kulit.
  • Menghindari mandi air panas. Mandi air panas dapat menyebabkan kulit kering dan menambah gatal. Sebaiknya mandi dengan air dingin, kemudian lanjutkan dengan penggunaan pelembap pada kulit, dapat meringankan rasa gatal. Untuk membantu kulit lebih lembap, ibu hamil juga dapat menggunakan krim pelembap pada malam hari sebelum tidur dan biarkan semalaman.
  • Penting bagi ibu hamil memastikan tubuh memperoleh asupan air yang cukup, untuk menghindari dehidrasi termasuk pada kulit.
  • Berada di ruangan dengan pendingin udara seharian, justru dapat membuat kulit kering. Jika dianggap dapat membantu hidrasi, gunakan pelembap udara di ruangan.
  • Ibu hamil disarankan menghindari terlalu banyak berada di ruang terbuka yang terlalu panas, karena dapat memicu rasa gatal.
  • Jika gatal terasa sangat mengganggu, ibu hamil dapat menggunakan kompres dingin di area yang gatal.

Gatal ringan saat hamil umumnya tidak berbahaya bagi janin dalam kandungan. Namun rasa gatal yang sering terjadi pada sore atau malam hari, harus diperhatikan lebih lanjut. Demikian juga jika gatal semakin tak tertahankan atau timbul ruam yang sangat mengganggu.

Untuk meringankan gejala perut gatal saat hamil, Bunda dapat mempraktikkan tips-tips di atas. Meski demikian, jangan segan untuk segera berkonsultasi dengan dokter jika terjadi gejala-gejala yang lebih serius atau mengganggu aktivitas ibu hamil.

Facebook Comments