Ngobras “NGOBROL BARENG SPESIALIS” bersama dr. I Wayan Sukadana Sp.OG(K)
December 17, 2018
tanda-akan-melahirkan
Benarkah ini tanda akan melahirkan
January 28, 2019
USG Fetomaternal

USG Fetomaternal

Sering terjadi ke khawatiran terhadap ibu maupun janinnya akibat kehamilan berisiko tinggi yang menyebabkan bahaya untuk ibu dan janin dalam kandungan baik dimasa kehamilan, persalinan ataupun nifas membuat para calon orang tua merasa cemas bagaimana menanggulanginya Maka dari itu penting USG fetomaternal untuk pemeriksaan kehamilan risiko tinggi.

Close up of pregnant woman holding ultrasound scan on her tummy

Perempuan yang menderita penyakit jantung, diabetes, keguguran berulang ulang, asma, gangguan paru merupakan perempuan yang tergolong memiliki kehamilan berisiko tinggi

Untuk  ibu hamil yang berpotensi mengalami kehamilan berisiko tinggi, silahkan memeriksakan diri ke dokter kandungan sub-spesialis fetomaternal. Dokter Sp. OG dengan Sub-spesialis fetomaternal adalah salah satu canbang keahlian khusus kedokteran kandungan dan kebidanan (obstetridan ginekologi) untuk menditeksi atau mendiagnosa kelainan pada janin atau ibu dengan USG yang lebih akurat dan spesifik.

Dokter Sub- spesialis fetomaternal akan mendiagnosa atau menditeksi secara dini kemungkinan kelainan yang terjadi pada ibu dan janin, dan agar dapat diberikan pengobatan atau tindakan terbaik untuk kesehatan ibu dan janin.

Dokter fetomaternal biasanya akan melakukan USG  yang sering dikenal dengan  fetal scan atau USG fetomaternal yang merupakan USG tiga dimensi atau empat dimensi, biasanya dilakukan untuk mendeteksi dini apakah ibu atau janin memiliki kelainan genetik, gangguan pembentukan organ tubuh, resiko terjadinya keguguran, kelahiran bayi prematur, kelainan kromosom dan kemungkinan lainnya.
waktu yang dibutuhkan dalam pemeriksaan ini kurang lebih 60 menit.

Kemajuan teknologi medis saat ini, memudahkan dokter mendapatkan hasil pemeriksaan yang lebih cepat dan akurat. Pentingnya pemeriksaan fetal scan atau USG fetomaternal bagi para calon orang tua adalah untuk  memasitikan kesehatan ibu dan bayi secara detail. Oleh sebab itu untuk memberikan keamanan dan kepastian untuk anda sebagai calon orang tua yang memiliki indikasi kehamilan berisiko tinggi atau tidak sebaiknya tetap melakukan pemeriksaan fetomaternal. 

Untuk area Denpasar, Bali pemeriksaan dapat dilakukan di RSIA Puri Bunda 
https://www.puribunda.com/dr-i-wayan-artana-putra-sp-ogk.html

X